Setiap tanggal 24 Maret diperingati sebagai Hari Tuberkulosis Sedunia. Perayaan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap wabah Tuberkulosis dan usaha untuk mengurangi penyebaran wabah tersebut.

Penyakit Tuberkulosis (TBC) masih menjadi beban masalah kesehatan di Indonesia hingga saat ini. Di saat yang bersamaan Indonesia juga menghadapi wabah corona virus (Covid-19) dan harus lebih diwaspadai oleh pasien TBC. Kedua penyakit ini adalah pandemi pernapasan yang menular melalui droplet (percikan), menyerang rentang usia yang luas seperti di antaranya orang lanjut usia dan orang yang memiliki kondisi kesehatan khusus seperti mereka yang memiliki gangguan kronis pada paru, bahkan pada anak-anak.

TBC atau Tuberkulosis adalah penyakit menular yang disebabkan karena adanya kuman Mycobacterium Tuberculosis yang masuk ke dalam tubuh melalui pernafasan. TBC adalah penyakit infeksi yang menular dan juga dapat menyerang organ tubuh, terutama paru-paru.

Orang yang menderita COVID-19 dan TB dapat menunjukkan gejala yang sama seperti batuk, demam dan kesulitan bernafas. Kedua penyakit ini menyerang terutama paru -paru dan kedua agen biologis tersebut menular melalui kontak erat.

Pasien TB harus melakukan tindakan pencegahan seperti yang disarankan oleh tenaga kesehatan agar terlindungi dari COVID-19 serta tetap melanjutkan pengobatan TB sesuai anjuran dan tetap menjaga daya tahan tubuh. Pengobatan pasien TBC harus tetap berjalan dengan teratur sampai sembuh meski dengan munculnya Covid-19. Setiap pasien TB akan mendapatkan masker bedah yang harus dikenakan saat pasien kontrol pengobatan maupun melakukan aktivitas keluar rumah yang sangat penting. Pasien TB sangat disarankan untuk membatasi aktivitas di luar rumah untuk menghindari kemungkinan terpajan virus SARS Cov-2 penyebab COVID-19.

Kalau sudah batuk lebih dari 2 minggu, pasien diberi masker dan edukasi tentang etika batuk, lalu menunggu di ruang terpisah dengan ventilasi yang baik sebelum dilayani. Orang dengan gejala TB, dapat memeriksa ke unit pelayanan kesehatan Pemerintah atau Swasta dengan Pelayanan DOTS secara Gratis dengan Obat Berkualitas. Tuberkulosis (TB) BERBAHAYA tetapi dapat DISEMBUHKAN.

Ayo Bersama Cegah Penularannya dan Sembuhkan Penyakitnya.

Selamat Hari Tuberkulosis Sedunia, Salam TOSS TBC (Temukan TBC Obati Sampai Sembuh)