Coronavirus adalah keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit mulai dari gejala ringan sampai berat. Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) adalah penyakit jenis baru yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia. Penyakit Coronavirus 2019 disingkat COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh SARS-CoV-2, salah satu jenis Coronavirus. Penyakit ini mengakibatkan Pendemi Coronavirus 2019-2020.  Penderita COVID-19 dapat mengalami demam, batuk kering, dan kesulitan bernapas. Pada penderita yang paling rentan, penyakit ini dapat berujung pada Pneumonia dan kegagalan multiorgan. Infeksi menyebar dari satu orang ke orang lain melalui percikan (droplet) dari saluran pernapasan yang sering dihasilkan saat batuk atau bersin. Waktu dari paparan virus hingga timbulnya gejala klinis berkisar antara 1–14 hari dengan rata-rata 5 hari.

Untuk mencegah Covid – 19, Puskesmas Tanjungpinang melakukan Edukasi kepada masyarakat terkait dengan Corona virus (Covid-19). Edukasi ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang Corona virus (Covid-19) dan kesiapsiagaan masyarakat dalam pencegahan Covid-19. Edukasi ini dilakukan di Puskesmas Tanjungpinang pada pasien rawat jalan / yang berkunjung ke Puskesmas Tanjungpinang. Edukasi ini tidak hanya dilakukan di dalam gedung, di luar gedung juga dilakukan seperti di sekolah TK / PAUD, Puskesmas Keliling, dan penyebaran informasi melalui media social seperti Leaflet, website, dan Fb.

Masyarakat dihimbau untuk waspada dan melakukan social distancing (kegiatan di dalam rumah, atau hanya keluar jika ada urusan yang mendesak saja)  guna menekan penyebaran virus corona. Mencuci tangan, menjaga jarak dari orang yang batuk, dan tidak menyentuh wajah dengan tangan yang tidak bersih adalah langkah yang disarankan untuk mencegah penyakit ini.

Edukasi ini diharapkan dapat menurunkan jumlah kasus secara drastis karena penularan, menjadi terkendali. Salah satu edukasi yang dilakukan dengan menjelaskan betapa pentingnya untuk menekan angka penyebaran virus.

Laporkan apabila Anda / Keluarga / Kenalan, baru kembali dari daerah terjangkit ke Puskesmas, lakukan karantina mandiri selama 14 hari.

Don’t Panic, Tetap Waspada