Lokakarya Mini adalah suatu bentuk forum pertemuan yang melibatkan seluruh petugas Puskesmas dan jaringannya untuk membangun dan meningkatkan kerjasama tim di Puskesmas dan jaringannya, memantau dan mengevaluasi kinerja dan cakupan pelayanan Puskesmas, merumuskan permasalahan yang ada dalam Puskesmas untuk dicarikan solusi penyelesaian yang tertuang dalam suatu rencana kegiatan Puskesmas serta membina peran serta masyarakat secara terpadu agar dapat meningkatkan fungsi Puskesmas secara maksimal.

Tujuan Lokakarya Mini yaitu untuk menggali permasalahan bidang kesehatan dan yang terkait di wilayah kerja Puskesmas Tanjungpinang serta untuk mencari solusi dan juga mengkomunikasikan program-program dan kegiatan yang sedang dan akan dilaksanakan oleh Puskesmas.

Tahapan Kegiatan Lokakarya Mini Puskesmas, yaitu:

  1. Lokmin Bulanan

Terselenggaranya lokakarya bulanan intern Puskesmas dalam rangka pemantauan hasil kerja petugas Puskesmas dengan cara membandingkan rencana kerja bulan lalu dari setiap petugas dengan hasil kegiatannya dan membandingkan cakupan kegiatan dari daerah binaan dengan targetnya serta tersusunnya rencana kerja bulan berikutnya.

Penanggungjawab penyelenggaraan Lokakarya Mini Puskesmas Tanjungpinang adalah Kepala Puskesmas yaitu dr. Delvy Atriani, yang dihadiri oleh seluruh staf puskesmas.

Waktu pelaksanaan Lokakarya Mini Bulanan Puskesmas Tanjungpinang setiap tanggal 3 setiap bulannya dan dihadiri oleh Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang.

  1. Lokmin Tribulan

Pada Lokmin triwulan, kegiatan pertemuan melibatkan lintas sektoral dalam rangka membangun kerjasama dengan sektor-sektor lain guna mendukung upaya Puskesmas dalam menjalankan fungsinya.

Kegiatan lokakarya mini triwulan lintas sektoral selanjutnya membahas tentang, yaitu:

  1. Menggalang dan meningkatkan kerjasama antar sector terkait dalam pembangunan kesehatan
  2. Menginformasikan & mengidentifikasi capaian hasil kegiatan tribulanan sebelumnya, mebahas & memecahkan masalah serta hambatan oleh LS
  3. RTL dan memasukkan umpan balik dari masyarakat dan sasaran program.

Penyelenggara Lokmin Tribulan dilakukan oleh Camat dan Puskesmas dibantu sector terkait di Kecamatan.