Kota Tanjungpinang dipilih menjadi pilot project pelaksanaan Gerakan Sejuta Kacamata yang disejalankan dengan launching Komite Mata Nasional kerja sama Kementerian Kesehatan dengan Komite Mata Nasional dan gabungan pengusaha optikal nasional. Gerakan Sejuta Kacamata ini dilaksanakan tanggal 9-13 Mei 2016. Sasaran kegiatan adalah anak SD.

Akreditasi Puskesmas Tanjungpinang tanggal 13 Desember 2019 diawali dengan "Tari Kreasi Cuci Tangan" bersama Tim Surveior, semua staf puskesmas dengan anak Sekolah Dasar pemenang lomba tari kreasi cuci tangan tingkat Kecamatan Tanjungpinang Barat. Semangat...semangat....semangat !!!!!

Penyakit menular masih merupakan penyakit penyumbang angka kesakitan dan kematian tertinggi di Indonesia demikian juga untuk Kota Tanjungpinang. Status ekonomi masyarakat yang masih belum merata, tingkat pendidikan dan pengetahuan yang belum tinggi, personal higiene yang belum di terapkan pada masing-masing individu dan kesehatan lingkungan yang belum memadai marupakan salah satu faktor masih tingginya angka kesakitan akibat penyakit menular di Indonesia.

DBD termasuk diantara penyakit-penyakit berpotensi wabah sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang No. 4 Tahun  1984 Tentang Wabah dan Permenkes RI No 1501/Menkes/Per/X/2010 Tentang Jenis Penyakit Menular Tertentu Yang Dapat Menimbulkan Wabah.

Puskesmas Tanjungpinang yang familiar disebut puskesmas pancur oleh masyarakat Kota Tanjungpinang yang terletak di Jl.Ir. H. Juanda No. 1, tanggal 11 s/d 14 Puskesmas melaksanakan Re-Akreditasi. Dengan motto "KESEHATAN ANDA TUJUAN KAMI" melalui akreditasi ini akan semakin meningkatkan mutu pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Kota Tanjungpinang khusus wilayah Kecamatan Tanjungpinang Barat

Dinkes Kota Tanjungpinang - Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah, SH menyampaikan apresiasinya kepada Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang sebagai pelaksana dari kegiatan sunat massal, karena kegiatan ini merupakan suatu bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat. Kegiatan sunat massal ini dilaksanakan oleh Dinas kesehatan kota tanjungpinang, yang bertempat di Puskesmas Bt 10, sabtu (14/5).